Sedang mencari tempat liburan ilmu sejarah sekaligus pembelajaran di sekitar Surabaya? apabila iya, boleh jadi kalian bisa berkiunjung ke Museum Mpu Tantular.

Berlokasi di selatan Surabaya, persisnya di Kabupaten Sidoarjo, museum dengan luas 3 hektare ini memiliki bermacam sumber sejarah.

Terdapat banyak koleksi yang dapat ditilik, misalnya gambar dan emas yang terbuat berabad -abad. Tampak pula warisan jaman prasejarah serta patung dari masa kerajaan Hindu–Buddha.

Sejarah Museum Mpu Tantular

sejarah-mpu-tantular

Baca Juga:

Sebelum datang, ada baiknya guna mengerti sejarah pendek mengenai museum di Sidoarjo tersebut. Mari kita mulai dari tahun 1933, saat institut  kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia dibuat oleh Godfried Hariowald von Faber. Bagi yang belum tahu, von Faber merupakan seseorang penduduk Surabaya berkebangsaan Jerman.

Lembaga inilah yang jadi cikal-bakal terbentuknya Museum, yang bakal disahkan pada tanggal 25 Juli 1937. Sebagai pendiri, pasti Von Faber sungguh berharap menyempurnakan museum ini. Sayang, kemauannya tidak terlaksana hingga ia tewas pada 30 September 1955. Bahkan, museum ini pernah tidak terpelihara sepeninggal Von Faber, dan banyak koleksi-koleksinya yang hancur dan hilang.

Hingga akhirnya, Museum diurus oleh Yayasan pembelajaran Umum. Pada tahun 1964, Yayasan Bapak profesor dokter M Soetopo memberi kontribusi pendanaan guna museum di Sidoarjo ini.Tak lama setelahnya, Direktorat Permuseuman di area Departemen pembelajaran serta Kebudayaan dibentuk.

Sejak masa itu, seluruh museum yang ada di bawah lindungan Yayasan pembelajaran Umum juga jadi kepedulian negara. Pada1 November 1974, museum ini resmi jadi Museum Negeri Jawa Timur Mpu Tantular. Peresmian itu mendapatkan serah terima dari R Banu Iskandar terhadap ketua Jenderal Kebudayaan, Prof.Dr. IB Mantra.

Dikarenakan koleksi Museum yang selalu meningkat, membuat lokasi museum ini pindah 3 kali dari tempat asalnya. Museum Mpu Tantular pertama kali berada di Jalan Pemuda, berlanjut pada tahun 1975 pindah ke Jalan Taman Mayangkara. Berikutnya, di tahun 2004 museum ini berpindah lagi ke Jalan Raya Buduran, Sidoarjo.

Koleksi Museum Mpu Tantular

koleksi museum bersejarah

Baca Juga:

Di dalam museum ini, kalian dapat mengamati bermacam koleksi numismatik seperti. Senjata, Tanda Jasa, Keramik serta benda-benda etnografi. Beberapa di antara lain merupakan warisan masuknya bangsa Eropa ke Indonesia. pada mula abad ke-15. Namun, beberapa besar koleksi di Museum Mpu Tantular merupakan patung dari masa kerajaan Hindu-Buddha. Seperti :

  • Arca Durga Mahisasuramardini
  • Arca Ganesha
  • Arca Prajnaparamita
  • Arca Dewi  Parwati
  • Arca Dewa Wisnu
  • Arca Dwarapala
  • Arca Dewa Brahmana
  • Arca Siwa Mahadewa
  • serta patung yang lain.

Istimewanya lagi, museum ini mempunyai satu-satunya warisan emas 22 karat di Indonesia. Selain itu, ada pula beberapa warisan yang berkaitan dengan masa prasejarah, contohnya batuan beku seperti peridotit, batu kaca, diabas, dan gabro. Terdapat pula batu endapan seperti kalsit, konglomerat, phosphate serta fosil kayu, dan contoh batuan malihan seperti agate dan marmer.

Tidak cuma batuan saja, museum ini jua  menampung fosil batok kepala manusia purba. Seperti Pithecanthropus Erectus dan Homo Erectus. Ada pula fosil sisa hewan dan tanaman yang membatu, dan fosil gading dan gigi belakang gajah purba yang berumur 600 ribu sampai satu juta tahun lalu.

Lokasi Museum Mpu Tantular Sidoarjo

Museum Negeri Mpu Tantular berada di Jalan Raya Buduran–Jembatan Layang, Bedrek, Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lokasinya sendiri posisi pas di sisi barat Jembatan Layang Buduran.

Museum Mpu Tantular Sidoarjo amat  mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Waktu tempuhnya kurang lebih 11 menit dari pusat Kota Sidoarjo ataupun 1 jam dari Kota Surabaya.

Harga Tiket Masuk Museum Mpu Tantular

Untuk jam operasionalnya sendiri, museum ini buka tiap hari dengan penghitungan waktu sebagai berikut:

08.00–15.00 wib (Selasa–Kamis)

08.00–13.30 wib (Jumat–Minggu)

Berkunjung ke Museum Mpu Tantular Bersama Yulia Trans

Mengunjungi museum mpu tantular bukan masalah lagi karena ada layanan sewa mobil terpercaya yaitu Yulia Trans. Tempat Biro Perjalanan Wisata di Surabaya ini sudah berpengalaman dan memiliki berbagai armada pilihan dengan kualitas paripurna.

Agar tidak ketinggalan informasi, mengenai wisata menarik lainnya dapat mengunjungi website https://sewamobildisurabaya.com/category/paket-wisata/ blog rental mobil Surabaya Yulia Trans. keunggulan tempat sewa mobil Yulia Trans, antara lain:

1: BERBAGAI PILIHAN ARMADA

Berbagai jenis mobil disewakan seperti Xenia, Avanza, Innova Reborn, Fortuner, Elf, Alphard, Pajero Sport, Camry hingga Hiace Premio hingga bus pariwisata. Kendaraan terawat dengan baik dan siap untuk meluncur berwisata sesuai keinginan pelanggan.

2: SEWA MOBIL LENGKAP DENGAN SOPIR

Sewa mobil Surabaya dengan sopir yang berpengalamanan dan tahu medan sehingga nyaman dan tidak bingung mendatangi lokasi tempat tempat wisata yang ada di Kota Surabaya. Seperti menggunjungi tempat-tempat wisata lainnya di Surabaya

3: PELAYANAN TERBAIK

Kepuasan pelanggan adalah hal utama yang menjadi perhatian Yulia Trans, sehingga semua pelayanan terbaik dan cepat. Kapanpun pelanggan membutuhkan dapat langsung klik melalui website https://sewamobildisurabaya.com. Semua ditanggapi dan dilayani dengan baik agar memuaskan dan kebutuhan wisata kalian ke Museum Mpu Tantular akan terpenuhi dengan baik. Bagaimana, tertarik  datang  ke museum di Sidoarjo ini?

Sumber Referenis:

arsip-indonesia.org

Instagram @museum_mputantular

museummputantular.com